Senin, 25 Juni 2012

Mengenal bermacam Suku di Indonesia

Bendera Merah-Putih dan Garuda Pancasila


"Dari sabang sampai merauke
Berjajar pulau-pulau
Sambung menyambung menjadi satu
Itulah Indonesia
Indonesia tanah airku
Aku berjanji padamu
Menjunjung tanah airku
Tanah airku Indonesia"



Mengenal banyak suku itu ternyata tak mudah bagi anak zaman sekarang,beda dengan zaman dulu yang mengenal dengan sukunya dan adat istiadatnya. Sekarang aku ingin mengulas semua dan membahas tentang orang zaman dulu semenjak nenek moyang kita memberi harta warisan yang sangat berharga seperti membudayakan tarian dan adat-istiadatnya.

Banyak sih suku-suku di Indonesia tapi aku membahas yang terperinci saja,nah kita lihat saja suku apa saja sih yang ada di Indonesia ini dari Sabang sampai Merauke.

  1. Suku Aceh di NAD : Banda Aceh atau disebut Aceh Besar adalah suku yang mendiami di Sumatra. Mereka bermayoritas beragama islam. Dan bahasa sehari-harinya adalah bahasa daerah Aceh yang berkerabat dengan Bahasa Mon Khmer (wilayah champa). Bahasa Aceh tersendiri campuran dari bahasa Melayu dan Polinesia Barat cabang dari keluarga Austronesia. Suku Aceh memiliki panjang sejarah tentang kegemilangannya kerajaan Islam hingga perjuangannya penaklukan Kolonial Belanda.
  2.  Suku Ambon di Maluku adalah salah satu provinsi tertua di Indonesia yang beribu kota di Ambon. Suku bangsa Maluku didominasikan oleh ras suku bangsa Melanesia Pasifik yang masih berkerabat dengan Fiji,Tonga dan beberapa bangsa kepulauan yang tersebar di kepulauan Samudera Pasifik.
  3. Suku Kubu atau Suku Anak Dalam disebut juga dengan Orang rimba di Jambi kepulauan Sumatera. Menurut tradisi lisannya Suku Anak Dalam merupakan orang Maalau Sesat, yang lari kehutan rimba disekitar Air Hitam. Kehidupan mereka juga sangat mengenaskan seiring dengan hilangnya sumber daya hutan yang ada di Jambi dan Sumatera Selatan.
  4. Suku Asmat adalah Suku yang berada di Papua. Suku Asmat terkenal dengan ukiran kayunya yang begitu unik. Populasi suku Asmat tersendiri terbagi dua yaitu mereka tinggal di pesisir pantai dan pendalaman. Kedua populasi tersebut berbeda satu sama lain dalam hal dialek,cara hidup,struktur sosial dan ritual.
  5. Suku Bugis adalah kelompok etnik dari wilayah Sulawesi Selatan. Kelompok ini adalah bahasa dan Istiadat. Bugis tergolong kedalam suku-suku Melayu Deutero yang masuk ke Nusantara setelah gelombang migrasi pertama dari daratan asia tepatnya Yunan. Kata "Bugis" berasal dari kata To Ugi, yang berarti orang Bugis
  6. Suku Dayak berada di Pulau Kalimantan yang diberi kepada penghuni pendalaman yang terdiri dari Sabah dan Sarawak, serta Indonesia terdiri dari Kalimantan Timur,Kalimanatn Selatan,Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Budaya masyarakat Dayak adalah Budaya Maritim atau Bahari. Hampir semua nama sebutan orang Dayak mempunyai arti tersendiri sebagai suatu hubungan dengan "Perhuluan" atau sungai., terutama nama pada kekeluargaannya. Ada pula yang membagi orang Dayak dalam enam rumpun yakni rumpun Klemantan alias Kalimantan, rumpun Apokayan yaitu Dayak Kayan,Kenyah dan Bahau, rumpun Murut, rumoun Ot Danum-Ngaju dan rumpun Punan.
  7. Suku Madura terletak di Jawa Timur. Orang Madura juga banyak bertransmigrasi ke wilayah utama yaitu Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, serta ke Jakarta dsb. Beberapa kota di Kalimantan Sampit dan Sambas, pernah terjadi kerusuhan etnis yang melibatkan orang Madura disebabkan kesenjangan sosial. Namun sekarang kesenjangan tersebut sudah mereda dan Madura dan penduduk setempat sudah rukun kembal.
  8. Suku Melayu adalah nama yang menunjukkan pada suatu kelompok yang ciri utamanya adalah penuturan bahasa Melayu. Suku Melayu bermukim di sebagian besar di daerah Malaysia,Sumatera, sekeliling pesisir Kalimantan, Thailand Selatan, serta pulau-pulau kecil yang terbentangkan di selat Malaka dan Selat Karimata. Di Indonesia sendiri ada suku Melayu yang terletak di Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Kalimantan Barat.
  9. Suku Betawi yang berasal dari kawin-mawin antaretnis dan bangsa pada masa lalu. Secara biologisnya, mereka yang mengaku sebagai orang Betawi adalah keturunan berdarah campuran aneka suku dan bangsa yang di datangi oleh Belanda ke Batavia. Apa yang disebut dengan orang Betawi sebenarnya terhitung pendatang baru di Jakarta. Kelompok ini lahir dengan perpaduan berbagai kelompok etnis lain yang sudah lebih dulu hidup di Jakarta, seperti orang Sunda, Jawa, Bali, Bugis, Makassar, Ambon dan Melayu serta suku pendatang yang berasal dari Arab, India, Tiong Hoa, dan Eropa.
  10. Suku Minahasa adalh salah satu suku yang berada di Sulawesi Utara. Suku Minahasa merupakan suku yang terbesar di Provinsi Sulawesi Utara. Suku Minahasa sendiri mempunyai beberapa subsuku yaitu Tontemboan, Tombulu, TonseaToulour (Tondano), Tonsawang (Tombotu/Tondanow), Ponosakan, Pasan (Raratahan), Bantik
  11. Suku Minangakabau aatau disikat Minang adalh kelompok etnis yang berbahasa dan menjunjung adat-istiadat Minangkabau. Wilayah penganut kebudayaannya meliputi Sumatera Barat. Yang separuh daratan dari kepulauan Riau, Bengkulu, bagian barat Jambi, pantai barat Sumatera Barat, barat daya Aceh, dan juga Negeri Sembilan di Malaysia. Dalam percakapan awam, orang Minang seringkali disamakan dengan orang Padang yang merujuk pada nama Ibukota provinsi Sumatera Barat yaitu kota Padang. Namun, masyarakat ini biasanya akan menyebutkan kelompoknya dengan sebutan urang awak yang bermaksud sama dengan orang Minang itu sendiri.
Cukup itu saja yang aku sampaikan mungkin lain waktu aku bisa mengsharekan tentang budaya Indonesia dan lain-lainnya. Nah sekarang kita berpikir sejenak penting nggak sih Budaya itu? Pasti pentingkan dan jangan sampai negara kita ini diambil oleh negara lain. Karena Negara kita begitu kaya akan Budayanya. Maka lestarikanlah daerha kalian masibg-masing dan cintailah negara Indonesia kita ini.


1 komentar:

  1. Menjaga dan Melestarikannya adalah wujud cinta yang sebenarnya,,,
    Agar tetap utuh dan eksist selalu didalam pergolakan dunia di era global remaja ini . , . , .

    Salam Putera-Puteri Se-Bangsa dan Se-Tanah Air

    BalasHapus

:)