Selasa, 26 Juni 2012

Macam-macam Tarian Indonesia

Hai...semuanya ada yang tahu tidak bahwa Indonesia kita ini kaya dengan budaya tradisional,nah sekarang budaya apa saja sih yang harus kita lestarikan. Ya...saya akan membahasnya tentang tarian se-Indonesia.
Tarian adalah budaya yang harus kita lestarikan jangan sampai di ambil negara lain,sebab tarian tersebut warisan dari nenek moyang kita. Tarian apa saja yang ada di Indonesia tercinta kita ini,yuk...simak macam-macam tariannya.
Tari Gantar
Tari Gantar-Kalimantan
Tarian ini berasal dari Kalimantan atau Suku Dayak Benuaq dan Tonyooi. Tarian ini yang dikenal sebagai tarian pergaulan antara muda-mudi dan untuk menyambut tamu yang datang. Tarian ini melukiskan tentang kegembiraan dalam menanan padi.
Gantar dalam bahasa Benuaq adalah sebatang bambu yang didalamnya berisikan biji-biji padi dan tongkat panjang yang merupakan aset untuk membuat lubang ditanah saat menanam padi. Tarian ini juga melukiskan keramah-tamahan antar suku Dayak dalam menyambut tamu uang berkunjung ke Kalimantan Timur baik turis ataupun investor dan para tamu yang dihormati kemudian mereka turut ikut menari. Pakaian yang mereka gunakan adalah Ulap Doyo kain tenuna asli Dayak Benuaq yang diambil dari serat Doyo.

Tari Topeng

Tari Topeng-Cirebon
Tari Topeng adalah tarian yang terpopuler di Jawa Barat, kesenian tari Topeng Cirebon tak bisa dilepaskan dari karakter kuat yang melekat pada kesenian ini. Tari topeng adalah seni budaya yang luhur, filsafat kehidupan yang menggambarkan sisi lain dari sisi diri manusia. Tari Topeng dapat digolongkan dalam topeng-topengngya yaitu terdiri dari :

  • Topeng Panji : Sebagai sosok manusia yang baru lahir penu dengan kesucian, gerakkannya juga halus nan lembut.
  • Topeng Samba : Menggambarkan fase ketika manusia mau memasuki dunia kanak-kanak, digambarkan dengan gerakkan luwes, lincah dan lucu.
  • Topeng Rumyang : Menggambarkan anak yang sudah berkehidupan remaja pada masa akhil baliq.
  • Topeng Temenggung : Gambaran dari kedewasaan seorang manusia penuh dengan kebijaksanaan layaknya seorang prajurit yang begitu tegas, penuh dengan dedikasi, dan loyalitas seperti pahlawan.
  • Topeng Kelana/Rahwana : Visualisasi dari watak manusia yang mercerminkan keserakahan, penuh dengan amarah, dan ambisi. Sifat inilah yang merupakan sisi lain dari diri manusia atau sisi "gelap" yang pasti dalam sisi diri manusia. Gerakan topeng Kelana begitu tegas, penuh ambisi layak sosok raja yang haus akan duniawi. 
Tari Saman Gayo-Aceh
Tari Saman Gayo
Tari Saman berasal dari dataran tinggi Gayo(Aceh) dan salah satu tarian yang sangat terpopuler. Pada masa lalu , tari saman ini hanya ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat masyarakat Aceh. Selain itu juga tarian ini ditampil saat kelahiran Nabi Muhammad saw. PAda kenyataannya nama "SAMAN" diperoleh dari salah stu ulama besar Aceh.





Tari Kecak-Bali
Tari Kecak
Tari Kecak adalah pertunjukan khas dari Bali dan dimainkan oleh laki-laki. Tarian ini dipertunjukan oleh banyak (puluhan atau lebih) penari laki-laki harus duduk berbaris dan melingkar dan dengan irama yang menyerukan "Cak" dan mengangkat kedua lengan, para penari tersebut hatus menggunakan kain yang kotak-kotak seperti papan catur dan melingkarkan di tubuh mereka. Selain itu juga ada penari lain yang berperan sebagai Ramayana seperti Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman, Sungriwa.

Tari Kuda Lumping-Jawa
Tari Kuda Lumping
Tarian ini juga disebut sebagai Jaran Kepang adalah tarian tradisional Jawa yang menampilkan sosok pranjurit yang menunggang kuda. Tarian inimenggunakan bambu yang di anyamkan yang dibentuk menyerupai seekor kuda. Anyaman dihias dan dicat agar lebih menarik. Tarian kuda lumping ini biasa hanya menampilkan prajurit berkuda, akan tetapi beberapa penampilan kuda lumping juga menyungguhkan antraksi kesurupan, kekebalan, dan kekuatan magis.






Tarian Pakarena Ma'lino


Tari Pakerana Ma'lino-Sulawesi Selatan
Tari Ma'lino dalam bahasa Makassar adalah membumi. Dengan berpijak pada nilai-nilai tradisi setiap manusia akan mampu bertahan atau menjauhkan dirinya dari nilai-nilai yang pengaruh negatif diluar dirinya. Tarian ini terinspirasi dari tarian Pakarena, tarian klasik dari Makassar yang merupakan cerminan dari sikap dan kepribadian masyarakat Bugis-Makassar yaitu kesabaran dan keteguhan hati seorang wanita. Laksana karang yang ditengah lautan tetap kokoh walaupun diterjang sang ombak.

Sudah tahukan tari-tarian di Indonesia sebenarnya banyak loh asal dapat kita pelajari dalam sejarahnya. Sebagaimana baiknya kita menjaga dan melestarikan budaya kita ini. Ya...karena budaya kita adalah warisan dari nenek moyang kita yang harus kita jaga saat ini dan jangan sampai ada orang luar yang mengambilnya. Sebab di Indonesia terkenal akan budayanya yang beraneka ragam. Mungkin itu saja yang dapat aku sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua.














1 komentar:

  1. Semangat mengindonesiakan indonesia...
    semangat Indonesia!!
    salam anak negeri

    Blogwalking & Mengundang juga blogger Indonesia hadir di
    Lounge Event Tempat Makan Favorit Blogger+ Indonesia

    Salam Spirit Blogger Indonesia

    BalasHapus

:)