Kamis, 14 Juni 2012

Indahnya Bunga Sakura Di Jepang...

Hai...aku datang lagi untuk mengshare blog lagi tapi yang aku bahas sekarang ini adalah kekagumanku dengan negara Jepang. Ya Jepang,Jepang adalah negara yang maju dan berkembang pesat dengan perekonomian mereka yang sangat baik. Namun mereka juga rajin dalam pekerjaan dan study,inilah yang membuatku terkagum-kagum dengan negara Jepang. Dan apa yang saya senangi yaitu bunga sakura(Cherry Blossom).

Bunga Sakura (Cherry Blossom)
Bunga Sakura di  Washington DC
Bunga Sakura di New Jersey

 Bunga sakura ini adalah bunga nasional dari jepang. Bunga ini cukup cantik dan kaya warnanya yangbegitu indah bila kita lihat dalam sekejap mata saja kita langsung terkesima. Bunga ini mekar pada saat musin semi yaitu bulan april awal hingga akhir april. Betapa cantiknya bila bemekaran. Tapi jangan salah loh tidak hanya di Jepang saja kita dapatkan Bunga sakura ini. Di Amerika ada juga kog bunga sakura ini yang terletak di kota Washington DC dan New Jersey.
                                                      
                   
                                      


Nah mengapa pohon bunga sakura ini ada di Amerika Serikat?Jawabannya adalah pada tahun 1912, pemerintah Jepang memberikan sekitar 3.000-an bibit pohon sakura sebagai tanda persahabatan di antar kedua negara. Oleh pemerintah Amerika, bibit-bibit pohon itu ditanam pada lahan di Sakura Park yang berada di tengah kota serta di pinggir aliran Tidal Basin, Washington DC.
Ini sebuah pilihan yang sangat mengagumkan sekaligus eksotis karena di sekitarnya terdapat banyak bangunan 
bersejarah bagi masyarakat Amerika Serikat. Bangunan-bangunan itu antara lain Washington DC Monument, Lincoln Memorial, dan White House. Tak hanya di tempat-tempat tersebut, selanjutnya bibit pohon sakura ditanam pula di beberapa distrik lain seperti di Los Angeles, Philladelphia, New Jersey, Georgia, dan Washington Seattle.
Tak hanya ditanam, acara untuk memeriahkan berbunganya tanaman tersebut juga dirayakan. Setahun sekali, setiap awal atau pertengahan bulan April, diselenggarakan National Cherry Blossom Festival di area Sakura Park tersebut. Tujuannya jelas, selain sebagai pengingat persahabatan dua negara, perayaan itu juga untuk menyambut kedatangan Musim Semi yang salah satunya ditandai oleh mekarnya bunga sakura. Festival itu didukung sepenuhnya oleh The Japan-America Society of Washington DC yang pada tahun ini menggelar ”49th Annual Sakura Matsuri Japanese Street Festival”. Lokasinya di Pennsylvania Avenue, hanya sekitar beberapa blok dari Sakura Park.
Hari itu, 28 Maret 2009, National Cherry Blossom Festival, dimulai. Ketika itu matahari bersinar cerah. Sayangnya, angin kurang bersahabat dan bertiup kencang. Tapi itu tak menyurutkan para para penduduk yang tinggal di seputaran Washington DC, Maryland, dan Virginia untuk berbondong-bondong datang melihat keindahan Sakura sekaligus menonton parade dan menikmati budaya serta makanan khas negeri asal bunga tersebut.
Festival yang berlangsung selama 16 hari itu begitu meriah. Bagaimana tak meriah, bayangkan saja, setiap tahunnya acara perayaan itu bisa menjaring 600 ribuan orang yang datang ke situ. Tak hanya selama festival berlangsung, mereka juga masih berdatangan hingga kemekaran sakura berlalu seiring perginya Musim Semi.
Paradenya sendiri berlangsung mulai pukul 10.00 dan hanya berputar-putar di sekitar Pennsylvania Avenue. Pesertanya begitu beragam. Selain barisan partisipan yang mewakili berbagai negara yang diundang, yang tampil di panggung parade ada Cherry Blossom Queen, marching band murid-murid sekolah menengah umum, Miss America 2009 Pageant Katie Stam, sampai Kimberly Locke, American Idol 2. Tak hanya Kimberly, sederetan artis lokal lainnya pun tak mau ketinggalan ikut meramaikan festival tahunan tersebut. Panggung utamanya terletak di halaman depan Lincoln Memorial yang merupakan lokasi strategis karena dikelilingi pemandangan gedung-gedung historikal serta berlatar belakang Washington Monument yang menjulang tinggi.

Nah itulah keagungan dari bunga sakura,saya begitu jika langsung datang kesana(mimpi).
Ya sudahlah itu saja yang dapat aku sampaikan tentang bunga sakura. Semoga pa yang saya beri ini bermanfaat. Ok see you

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

:)