Jumat, 15 Juni 2012

Anggrek Hitam

Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) adalah spesies bunga dan maskot dari Kalimantan Timur.  Jarang sekali kita temukan di kota-kota lain ya bunga anggrek hitam hanya terdapat di Kalimantan Timur saja. Tapi sayangnya habitat bunga anggrek hitam ini sudah mulai penurunan jumlahnya yang cukup besar karena semakin menyusutnya hutan di Kalimantan ini namun masih dapat kita temui di cagar  alam Kersik Luway dalam jumlah yang sedikit saja. Dan diperkiran jumlah yang banyak anggrek hitam ini hanya berada di tangan para kolektor anggrek.


Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata)
Kenapa dinamakan Anggrek hitam? Karena anggrek ini mempunyai lidah (labellum) yang berwarna hitam dengan berwarna hitam dengan sedikit garis berwarna hijau berbulu. Sepal dan petal yang berwarna hijau muda. Bunganyapun sangat harum semerbak dan biasanya bermekar pada bulan mei dan juni.


Anggrek hitam adalah bunga yang bergolongan simpodial dengan berbentuk bulp membengkak yang di bagian bawahnya dan daun terlujur keatas. Setiap bulp hanya memiliki dua lembar daun. Daunnya sendiripun sekilas mirip daun tunas kelapa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

:)